Sabtu, 17 Juni 2017

Penjelasan Tentang IP Public dan IP Private

IP Address merupakan suatu alamat untuk mengidentifikasikan perangkat berupa komputer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi agar komputer dapat saling terhubung di jaringan. IP address terbagi menjadi 2 yaitu berupa IP public dan IP private.

IP Public merupakan alamat IP yang ditugaskan untuk setiap komputer yang terhubung pada internet dimana setiap IP bersifat unik. Maka tidak akan bisa ada dua komputer dengan alamat IP publik yang sama terhubung ke dalam internet. Skema pengalamatan memungkinkan komputer untuk “menemukan satu sama lain” dan melakukan pertukaran informasi. Pengguna tidak memiliki kontrol atas alamat IP (publik) yang diberikan ke komputer. Alamat IP publik ditugaskan untuk komputer oleh ISP (Internet Service Provider) secara langsung setelah komputer terhubung ke gateway Internet.

IP Private merupakan IP address dalam jaringan intranet (jaringan pribadi), seperti di rumah, sekolah yang terhubung pada jaringan LAN (Local Area Network) agar komputer dalam jaringan ini dapat berkomunikasi satu sama lain. Pengguna yang menggunakan IP private tidak dapat terhubung langsung ke internet ataupun komputer diluar jaringan lokal tanpa bantuan router atau perangkat pendukung seperti NAT (Network Address Translation).

Fungsi IP Private adalah untuk meningkatkan keamanan jaringan dan menghemat ruanga pengakamatan. IP Private memiliki range sebagai berikut :

Kelas A = 10.0.0.0 – 10.255.255.255 (Total Addresses: 16,777,216)
Kelas B = 172.16.0.0 – 172.31.255.255 (Total Addresses: 1,048,576)
Kelas C = 192.168.0.0 – 192.168.255.255 (Total Addresses: 65,536)


IP Private ditentukan dan dialokasikan ke pelanggan oleh ISP (Internet Service Provider). Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengatur kepemilikan range IP dan memberikan masing-masing ISP untuk mengalokasikan pengalamatan IP individu ke pelanggan.

jadi kesimpulannya IP Public dipakai ketika kita ingin terhubung ke internet sendangkan IP Private dipakai ketika kita berada di jaringan lokal (jaringan prbadi). Semoga Bermanfaat ...
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar