Minggu, 18 Juni 2017

Tiga Jenis Sistem Operasi Yang Banyak Digunakan Saat Ini

Pada saat ini sistem operasi menjadi bagian penting pada pada komputer ataupun gadget kita. Tapi tahukan kalian ada berapa jenis sistem operasi yang sering digunakan oleh banyak pengguna. Pasti kalian penasaran bukan ? Jadi apa saja jenis-jenis sistem operasi itu, mari kita bahas ...

1. Microsoft Windows ( Windows )


Hasil gambar untuk windows

     Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan hingga saat ini.Sistem operasi ini terbilang mudah digunakan, sehingga banyak orang memilihnya untuk dijadikan sistem operasi pada komputer mereka. Sistem operasi windows adalah berbayar, sehingga kita harus membeli licensinya ketika ingin menggunakanya.

2. Macintosh Operating System ( MacOS )

Hasil gambar untuk Mac OS
     Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2002 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Mac OS adalah pertama dari sistem operasi yang memakai antarmuka pengguna grafis atau Graphical User Interface (GUI).

Ada 2 jenis Mac OS, yaitu Mac OS Klasik dan Mac OS X. Pada MAC OS Klasik, sistem operasi ini tidak mempunyai sembarang Command Line (baris perintah), sepenuhnya memakai User Interface (UI) dan menggunakan Cooperative Multitasking. Sedangkan Mac OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple Inc, dan menjadi penerus dari Mac OS (Klasik). Mac OS X dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix yang tersedia dari antarmuka baris perintah.


Kelebihan-kelebihan dari Mac OS X ini antara lain:
- Penggunaan UNIX membuatnya lebih stabil.
- Multitasking.
- Tampilan User Interface yang elegan.
- Aman dari Malware.

3. Linux



     Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja atau bisa disebut juga open source. Karena linux ini merupakan open source, banyak para programer yang berusaha mengembangkanya.

Di samping itu, sistem operasi komputer ini sangat stabil untuk dipakai dalam jangak waktu lama dan juga kebal terhadap serangan malware.

Varian Linux ada bermacam-macam, di antaranya Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu dan masih banyak lagi.

Kesimpulan
pada saat ini sistem operasi yang terpopuler dan beradar diantaranya ada Windows, MacOS dan Linux. Mungkin suatu saat nanti akan tercipta sistem operasi baru yang lebih canggih dan keren, kita tunggu saja gimana berkembangannya. Semoga Bermanfaat ....
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar