Sabtu, 17 Juni 2017

Penjelasan Loopback Address


Alamat IP (IP Address) yang dialokasikan software untuk mengakses host itu sendiri. Loopback Address (127.0.0.1). Loopback Address tidak mewakili hardware yang tidak terkoneksi dengan suatu network hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi secara lokal dalam host yang bersangkutan.

jadi loopback address itu antarmuka suatu jaringan virtual (tidak nyata) yang diterapkan ke dalam perangkat lunak saja dan tidak terhubung ke perangkat keras, tetapi yang sepenuhnya terintegrasi ke dalam infrasturuktur jaringan internal sistem komputer.

Dimana IP (Internet Protocol) ini bisa disebut juga loopback, dimana dapat digunakan oleh perangkat lunak clien pada jaringan komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat lunak server pada komputer yang sama, yaitu pada komputer yang menjalankan web server, web browser menuju ke URL http://127.0.0.1/ atau http://localhost/ akan mengakses situs web sendiri yang ada di komputer. Ini bekerja tanpa koneksi jaringan yang sebenarnya, sehingga berguna untuk menguji layanan tanpa perlu mempublis, untuk menghindari risiko keamanan dari akses jaringan remote. Demikian juga, ping interface loopback adalah ujian dasar dari fungsionalitas dari IP stack dalam sistem operasi. Walaupun kita tahu IP Address 127.0.0.1 adalah localhost, tapi tidak selamanya akan begitu. 127.0.0.1 adalah alamat yang ditentukan dalam IPv4 dan dengan meningkatnya penggunaan IPv6 alamat localhost akan menggunakan alamat baru yang lebih intuitif yaitu : 0:0:0:0:0:0:0:1.

Informasi lebih lanjut mengapa 127 adalah alamat loopback atau localhost bisa anda baca pada dokumen RFC790 dan RFC990. Singkatnya semua data yang dikirim ke IP 127 akan dikembalikan dalam host (loopback), tidak ada data yang dikirim ke alamat 127 bisa berada di jaringan manapun.

Jadi intinya loopback address sama saja dengan ip 127.0.0.1 / localhost / loopback / ip komputer kita sendiri. 
Semoga bermanfaat .... 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar