Minggu, 18 Juni 2017

Apa itu Ping ???

PING (Packet Internet Gopher) adalah lamanya waktu yang diperlukan bolak-balik dari komputer client ke server/ respon terhadap server. Ping dapat juga berarti program dasar yang mengijinkan satu pengguna untuk mem-verifikasi bahwa alamat protokol internet tertentu ada dan dapat menerima permintaan-permintaan. Ping digunakan untuk memastikan bahwa satu komputer yang sedang dituju sedang aktif dan memberikan respon balik.

Fungsi PING

1. Troubleshooting Jaringan
ping dapat kita gunakan untuk troubleshooting jaringan caranya dengan melakukan perintah ping [alamat suatu web / atau ip suatu web yang kita tuju].

Hasil gambar untuk ping google

Misalkan apabila mendapatkan pesan balasannya Reply from 8.8.8.8 bytes=32 time 166 ms TTL=46, artinya ada balasan dari host yg kita ping, 8.8.8.8 (dns google), disini google melakukan feedback (umpan balik) untuk memastikan dua perangkat lancar/ tersambung, dan dapat saling terhubung.

2. Mengecek koneksitivitas sebuah host
jika paket PING replay berarti host terhubung, jika unreachle maka host kemungkinan besar tidak terhubung, atau ada kabel yang terlepas, atau LAN card mengalami kerusakan.

3. Mengecek kualitas koneksitivitas jaringan
Ketika melakukan PING ke sebuah host akan muncul statistik paket lost, jika jaringan yang digunakan dalam keadaan bagus maka paket loss = 0 (0 % loss) atau (nol persen).

kesimpulannya
Biasanya ping digunakan untuk mengecek suatu koneksi pada pada perangkat yang sedang kita gunakan. apakah koneksi kita stabil atau tidak, jadi itu tergantung kepada provider apa yang kita gunakan. Sekian, semoga bermanfaat ...
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar