Rabu, 05 April 2017

Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.
Interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Sekarang, hampir semua pekerjaan manusia ada interaksi manusia dengan computer, seperti berbelanja online, menghitung, menulis, membaca sampai pekerjaan yang membutuhkan skill lebih seperti, men-desain, membuat program aplikasi, membuat robot dan sebagainya.


Tujuan Interaksi Manusia Dengan Komputer
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia dan komputer sebagai berikut :
  • Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Pada perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboarad yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan untuk mempelajari interaksi manusia dan komputer. Kita butuh interaksi manusia dan komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.


Contoh Kasus Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


  • Analisis Perancangan Tampilan Tokopedia.com Pada Interaksi Manusia Dan Komputer
Tokopedia bekerja sama dengan Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan penjualan pulsa online. Vice President Tokopedia, Melissa Siska Juminto mengatakan, kerja sama ini merupakan terobosan baru untuk mempermudah puluhan juta pengguna Tokopedia dan Telkomsel.
“Kerja sama ini pastinya hanya awal dari kerjasama strategis dan inovatif antara Tokopedia dan Telkomsel,” ujar Melissa di acara penandatanganan nota kesepahaman antara Telkomsel, Tokopedia dan Magnemo sebagai agregator di markas Tokopedia di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Selasa (15/03/2016).
Di kesempatan yang sama, Vice President Channel Management Telkomsel, Mirza Budiwan mengatakan, pihaknya menyambut baik kerja sama ini, sebab hal tersebut akan menambah opsi bagi pelanggan Telkomsel guna memperoleh produk yang ditawarkan secara online.
“Tentunya hal ini juga akan menambah kenyamanan dan kemudahan pelanggan dalam menggunakan layanan kami. Sebagai perusahaan „Paling Indonesia, Untuk Indonesia‟ dengan semangat membangun negeri, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Telkomsel kepada industri e-commerce dalam negeri guna mempercepat terbentuknya ekosistem digital di tanah air dan gaya hidup digital yang saat ini terus diadopsi oleh masyarakat Indonesia,” pungkas Mirza.
  • Jenis Program
Contoh Kasus Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


Tokopedia.com merupakan salah satu contoh spesial purpose software dimana website tokopedia.com dibuat untuk keperluan tertentu yaitu penjualan dan website tersebut dibuat khusus oleh perusahaan tokopedia.com sesuai kebutuhan perusahaan dan tidak dapat digunakan perusahaan atau produk lain.


  • Komponen antarmuka pengguna
  1. Model Pengguna
    Dalam proses pembelian, user akan diberikan arahan untuk mendaftar sebagai user baru atau langsung masuk dengan username yang telah dimiliki. Dalam proses pembelian user akan dijelaskan langkah-langkah untuk melakukan transaksi pembelian, dimana setiap langkah yang sudah terpenuhi akan lanjut ke langkah-langkah selanjutnya, namun jika user merasa ada yang kurang atau salah, user dapat kembali ke langkah sebelumnya dan melakukan perubahan. Penjelasan langkah akan diberikan sampai prosedur transaksi pembelian selesai.
  1.  Bahasa Perintah
    Didalam tokopedia.com bahasa yang digunakan dapat dengan mudah dipahami oleh bahasa manusia, tokopedia.com memberikan pilihan dalam penggunaan bahasa yaitu bahasa Indonesia dan English.
  1. Umpan balik
    Tokopedia.com memberikan fasilitas berupa langkah-langkah yang harus dilakukan user dalam melakukan transaksi pembelian, ketika ada langkah yang belum dipenuhi maka sistem akan memberikan peringatan dan tidak dapat melanjutkan ke langkah/proses selanjutnya. User juga dapat melakukan pembatalan pembelian.
  1. Tampilan informasi
Menampilkan status dari proses transaksi pembelian yang sedang dilakukan.Contoh Kasus Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


  • Perancangan
  1. Perancang Ragam Dialog
    Tampilan utama TokoPedia ada beranekaragam dialog yang memudahkan pengguna untuk memilih kategori barang yang diinginkan oleh user. Contoh : User ingin Isi Ulang Pulsa pada kotak berwarna merah di tekan beli disini.


  1. Perancangan Struktur Dialog
    Contoh Kasus Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
Pada Interface diatas, user  akan mengisi pada kolom bawah nomor telepon yang dimana untuk mengisi pulsa sesuai nomor handphone user tersebut.
Contoh Kasus Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
Nomor akan otomatis dikenal oleh provider yang akan menampilkan kotak berwarna hijau. Di sini akan langsung umpan balik antara user dengan programnya.
Contoh Kasus Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)
User akan memilih jumlah pulsa yang diingikan. Pada tahap perancangan struktur dialog ini, user harus pro aktif / banyak dilibatkan berupa diskusi informasi yang akan dipilih dan akan dibeli setuju atau tidak keinginan user.


Contoh Kasus Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


  1. Perancangan Penanganan Kesalahan
    Pada tahap ini akan mucul pesan yang harus diperbaiki sesuai dengan petunjuk agar tidak error kembali.
Contoh Kasus Perancangan Tampilan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


Jika semua langkah sudah dipenuhi dan benar, maka tahap terakhir adalah pembayaran.





Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam aliquam massa quis mauris sollicitudin commodo venenatis ligula commodo.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar